Sabtu, 04 Agustus 2012

jalan raya utama penghubung Tegal- Purwokerto dibuka kembali

Jalur Ciregol di ruas jalan nasional Jakarta-Tegal-Purwokerto yang masuk wilayah Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, segera dibuka kembali.

"Kemarin kita lihat, Ciregol sudah diaspal, Senin (6/8) sudah dibuka. Jembatan Kabuyutan juga tanggal 6. Jadi, 2-3 hari lagi," kata Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum, Djoko Murjanto, Sabtu (4/8/2012).

Dia mengatakan hal itu di sela-sela pemantauan kondisi jalan di jalur selatan Jateng dalam rangka persiapan arus mudik dan balik Lebaran 2012.

Pekerjaan paling lama untuk perbaikan Jembatan Kabuyutan di atas Sungai Kabuyutan, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Brebes, adalah proses pelapisan pelat beton jembatan.

"Pelapisan pelat betonnya kemarin sudah kering, sudah dicek, kekuatannya sudah cukup, tinggal penyelesaian oprit. Mungkin Senin atau Selasa, sudah bisa dibuka," katanya.

Dengan selesainya perbaikan jalur Ciregol dan Jembatan Kabuyutan, kata Djoko, seluruh ruas jalan utama di jalur pantura dan jalur selatan sudah siap untuk dilalui kendaraan pada masa arus mudik dan balik Lebaran.

Terkait pernyataan Gubernur Jateng Bibit Waluyo tentang jalur Ciregol yang tidak bisa dijadikan sebagai jalan permanen, Dirjen mengatakan, pihaknya sependapat dengan pernyataan tersebut.

"Itu pendapat kami yang disepakati Pak Gubernur, karena kondisi tanahnya (kondisi tanah jalur Ciregol, red.) di antara dua sungai besar yang saling menggerus dan tanahnya dari dahulu labil," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar